Daftar Makanan Kaya Akan Serat

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Daftar Makanan Kaya Akan Serat yang perlu untuk anda ketahui. Serat secara alami ada pada tanaman. Serat alami yang dikonsumsi manusia berasal dari buah, gandum, dan sayur. Pada umumnya serat akan cepat melewati usus karena tidak dapat diproses tubuh.

Untuk membantu pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik, serat memang sangat dibutuhkan. Selain itu, serta juga mampu menurunkan kadar kolesterol, serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Orang yang mengonsumsi makanan cukup serat diasosiasikan dengan penurunan risiko stroke, diabetes tipe 2, kanker usus, dan penyakit jantung.

Banyak Daftar Makanan Kaya Akan Serat yang mungkin anda belum mengetahuinya, beberapa diantaranya yaitu, buah dan sayuran, gandum utuh, bubur gandum, kacang, beras coklat ataupun beras merah.

Berikut Daftar Makanan Kaya Akan Serat dan Kandungan Seratnya :


Nama makananSajianTotal serat dalam gram



Apel dengan kulitnya1, ukuran sedang4,4
Pisang1, ukuran sedang3,1
Jeruk1, ukuran sedang3,1
Buah pir dengan kulitnya1, ukuran sedang5,5
Oatmeal instan1 cangkir4
Spageti dengan gandum utuh1 cangkir6,3
Nasi cokelat1 cangkir3,5
Roti gandum utuh1 lembar1,9
Kacang almond23 butir3,5
Wortel1, ukuran sedang1,7
Kentang dengan kulitnya1, ukuran kecil2,9
Jagung pipil rebus1 cangkir3,6
Brokoli kukus/rebus1 cangkir5,1

Walau mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sangat bagus untuk kesehatan, tapi jika kita mengonsumsiserat secara bersamaan dan berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Selain itu, anda juga dianjuarkan untuk memperbanyak mengkonsumsi air supaya tidak menyebabkan konstipasi bertambah parah.

Itulah informasi seputar Daftar Makanan Kaya Akan Serat yang dapat saya saya sampaikan. Semoga saja dengan adanya informasi yang telah disampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar makanan yang mengandung serat tinggi.

Artikel Kesehatan Lainnya :

Daftar Makanan Kaya Akan Serat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Daftar Makanan Kaya Akan Serat"

Post a Comment